Sistem Pengendalian Aset PT. Dirgantara Indonesia Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Oktavian Adhi Wibowo, Rico (2014) Sistem Pengendalian Aset PT. Dirgantara Indonesia Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Dirgantara Indonesia merupakan salah satu perusahaan kedirgantaraan pribumi, yang membutuhkan peralatan-peralatan yang menunjang seluruh bagian yang berada di Departemen. Kendala yang dialami adalah data aktiva tetap yang tersimpan tidak terintegrasi antara satu sama lainnya, sehingga menyebabkan proses perhitungan penyusutan aktiva tetap sering terjadi kekeliruan antara hasil invetarisasi dengan data akutansi. Selain itu perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan kebijakan untuk membuat keputusan mempertahankan aset, meningkatkan fungsional aset atau dihapuskan aset lama dan melakukan pembelian aset baru. Hal tersebut dianggap masih terasa sulit karena pihak pimpinan harus mengkaji beberapa perbedaan skala penilaian pada tolak ukur yang sudah ditetapkan perusahaan dari banyaknya data aset perusahaan. Berdasarkan uraian tersebut, maka solusi untuk kendala-kendala yang disebutkan adalah dengan membangun sistem pengendalian aset dengan menggunakan metode simple dditive weighting (SAW) sebagai pengambilan keputusan dalam mempertahankan aset, meningkatkan fungsionalitas aset, menghapus dan melakukan pembelian baru, sehingga didapat keuntungan yang optimal. Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian aset ini telah membantu karyawan khususnya Aset Holder dalam melakukan pengelolaan data aset dan Kepala Unit Organisasi dapat mengetahui jumlah aset perusahaan dan pengguna aset-aset tersebut. Selain itu, sistem pengendalian aset ini dapat membantu Kepala Unit Organisasi dalam menentukan aset mana saja yang harus dijual, dipertahankan maupun ditingkatkan funsionalitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall. Penggambaran sistemnya menggunakan data flow diagram dan perancagan databasenya menggunakan entity relasi diagram. Sistem pengendalian aset yang dibangun akan diuji dengan menggunakan metode blackbox yang terdiri dari uji alpha yaitu uji untuk melihat dari sisi fungsional sistem dan pengujian beta untuk melihat dari segi penggunaan sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dirgantara Indonesia, aset, simple additive weigthing, FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decission Making)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28634

Actions (login required)

View Item View Item