Pembangunan Aplikasi Auto Capture Berdasarkan Pergerakan Objek Pada Platform Android Dengan Menggunakan Metode Sum Of Absolute Differences

Indrawan Sutanto, Ryan (2014) Pembangunan Aplikasi Auto Capture Berdasarkan Pergerakan Objek Pada Platform Android Dengan Menggunakan Metode Sum Of Absolute Differences.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pentingnya keamanan terhadap tindak pencurian barang berharga maka diperlukannya suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau keadaaan suatu ruangan menggunakan perangkat yang umum dimiliki masyarakat yaitu smartphone. Penggunaan aplikasi kamera pada smartphone pada saat ini cenderung hanya digunakan untuk memotret dan merekam suatu kejadian. Di sisi lain penggunaan aplikasi kamera pada smartphone juga dapat digunakan untuk pengawasan atau monitoring suatu ruangan, karena penulis disini ingin memperkenalkan dan mengembangkan bahwa smartphone tidak hanya dapat digunakan untuk menelpon, sms dan social media. Banyak sistem pengawasan atau monitoring yang memonitor situasi memiliki sistem kerja merekam suatu kejadian setiap waktu tanpa henti, walaupun pada ruangan yang dimonitor oleh kamera tersebut tidak terdapat aktifitas sehingga membutuhkan media penyimpanan yang besar, sehingga akan lebih efektif jika aplikasi dapat mendeteksi sebuah pergerakan pada preview kamera di ponsel android dan dapat melakukan capture otomatis setelah pergerakan terdeteksi.Metode yang digunakan untuk mendeteksi pergerakan adalah Sum of absolute differences (SAD). SAD bekerja dengan mengambil perbedaan mutlak (Absolute Differences) antara setiap pixel di blok asli dan pixel yang sesuai di blok yang digunakan untuk perbandingan.Pada saat penggunaan aplikasi dengan waktu yang cukup lama, aplikasi ini akan meng-capture otomatis beberapa pergerakan yang terdeteksi. hal ini akan menjadi sebuah masalah karena membutuhkan media penyimpanan pada handphone yang sangat besar. oleh karena itu untuk menjawab permasalahan ini diperlukannya media upload gambar ke komputer server dengan menggunakan jaringan wireless Fidelity (Wi-Fi). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat sudah dapat membantu pengguna dalam melakukan pengawasan atau monitoring suatu ruangan karena aplikasi dapat meng-capture otomatis pergerakan yang terdeteksi dan aplikasi dapat meng-upload gambar hasil capture tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: deteksi gerak, Sum of absolute differences, Android, pengawasan ruangan, mobile, SAD
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28638

Actions (login required)

View Item View Item