Analisis Sentimen Terhadap Acara Televisi Indonesia Berdasarkan Opini Publik

Rakhmat Sentiaji, Aditia (2014) Analisis Sentimen Terhadap Acara Televisi Indonesia Berdasarkan Opini Publik.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Banyaknya jumlah stasiun televisi tentu akan berbanding lurus dengan jumlah dan keberagaman acara televisi. Namun sayangnya dengan banyaknya jumlah acara televisi tidak diimbangi dengan kualitas acara tersebut. Banyak acara yang menonjolkan kekerasan, saling menghina, mengumbar aib seseorang, mengeksploitasi kekurangan seseorang dan lain sebagainya. Hal tersebut banyak dilakukan hanya untuk meningkatkan rating dan share acara tersebut. Tentunya diperlukan suatu referensi agar masyarakat tidak salah dalam menentukan tontonan televisi. Sentimen publik bisa dijadikan sebagai indikator untuk melihat apakah acara tersebut berkualitas atau tidak. Banyak acara-acara televisi menjadi bahan perbincangan di media sosial, baik karena kualitas acaranya yang bagus ataupun sebaliknya. Sayangnya media sosial tidak mempunyai kemampuan untuk mengagregasi informasi mengenai suatu perbincangan yang ada menjadi sebuah kesimpulan. Salah satu cara untuk menarik kesimpulan dari hasil agregasi adalah menggunakan text mining. Karena salah satu fungsi dari text mining adalah untuk melakukan analisis sentiment. Na�¯ve bayes classifier adalah salah satu algoritma yang bisa dimanfaatkan untuk mengimplementasikannya. Agar mendukung performansi yang cepat maka basis data yang digunakan adalah NoSQL. Analisis sentimen menggunakan menggunakan algoritma na�¯ve bayes classifier memberikan hasil yang baik. Terbukti dari hasil pengujian menggunakan algoritma percentage split memperoleh tingkat keakurasian �± 90%. Tentunya hasil tersebut diperoleh karena sebelumnya dilakukan proses preprocessing yang bertujuan untuk menghapus bagian yang tidak penting dan juga mengubah bentuk dokumen yang berbentuk tweet ke bentuk standar sehingga pengklasifikasian yang dilakukan oleh na�¯ve bayes menjadi lebih akurat. Sehingga hasil dari analisis sentimen acara televisi ini bisa dijadikan referensi dalam menentukan tontonan acara televisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, NoSQL, text mining, klasifikasi, naive bayes
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28643

Actions (login required)

View Item View Item