Pembangunan Perangkat Lunak Trash Organizer Pada Platform Android Studi Kasus di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung

Ramadhan, Deudi (2014) Pembangunan Perangkat Lunak Trash Organizer Pada Platform Android Studi Kasus di Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sampah yang berasal dari benda hidup maupun mati merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya sebuah proses. Di kota Bandung khususnya, sampah telah menjadi masalah sehari-hari. Kurangnya sosialisasi yang disampaikan kepada masyarakat juga menyebabkan kurangnya peran serta masyarakat dalam melaporkan masalah sampah. Pengelolaan sampah serta TPS yang tidak mendapatkan pengawasan penuh dari Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung mengakibatkan penumpukan sampah di beberapa TPS Kota Bandung.Berdasarkan hal tersebut, timbullah gagasan yang diharapkan mampu memudahkan pihak Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung dalam memberikan sosialiasi dan himbauan serta memudahkan masyarakat untuk melaporkan masalah tentang sampah. Kondisi ini dapat diwujudkan melalui sebuah aplikasi mobile berbasis android yang berguna sebagai sarana pengaduan masyarakat terkait semua hal yang berkaitan dengan sampah. Aplikasi ini memiliki fitur peramalan dengan metode moving average yang mampu mengetahui berapa jumlah sampah perharinya di setiap TPS kota Bandung.Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada masyarakat dan wawancara kepada petugas-petugas di Perusahaan Daeah Kebersihan Kota Bandung, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Trash organizer dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan petugas dalam melaporkan masalah sampah serta memberikan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sampah, Metode Moving Average, Bandung, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28650

Actions (login required)

View Item View Item