Sistem Informasi Pengelolaan Wajib Pajak dan Retribusi Daerah Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Kutai Barat

Ghazaly Rahman Sirun, Irhaam (2014) Sistem Informasi Pengelolaan Wajib Pajak dan Retribusi Daerah Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Kutai Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem informasi pengelolaan wajib pajak dan retribusi daerah dinas pendapatan daerah kabupaten kutai barat adalah sistem informasi yang dapat mengelolah proses penetapan nilai pajak retribusi daerah dan mengelolah data wajib pajak retribusi daerah yang terdaftar di dinas pendapatan daerah kabupaten kutai barat. Proses kelola data penetapan nilai pajak dan kelola data wajib pajak retribusi daerah sebelumnya dikerja secara manual sehingga menghasilkan output konvensional (kertas). Arsip pengolahan ini juga belum mempunyai media penyimpana berupa database sehingga rentan akan mengalami kerusakan bahkan kehilangan data. Adapun jika terjadi perubahan data, akan menyulitkan pihak terkait dalam mencari arsip yang mengalami perubahan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses kelola penetapan nilai pajak dan data wajib pajak retribusi daerah dapat dikerjakan dengan lebih optimal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi waterfall, dimana tahapan analisis dengan menggunakan Flowmap sebagai pendeskripsian proses yang sedang berjalan. Perancangan sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur yang digambarkan dengan Data Flow Diagram (DFD) sebagai bahasa pemodelan sistemnya, ER-Diagram sebagai model data yang terdiri dari entiti dan hubungan (relation) antara objek-objek. Sistem Informasi yang dibangun memiliki kemampuan fungsional untuk mengelola data wajib pajak retribusi daerah kabupaten kutai barat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem informasi ini dapat melakukan pengelolaan data wajib pajak retribusi daerah dinas pendapatan daerah kabupaten kutai barat, yang terkomputerisasi dan data yang diolah tersimpan kedalam database, sehingga mudah mengakses setiap data yang tersimpan jika mengalami perubahan data.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Data Wajib Pajak dan Retribusi Daerah Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kutai Barat, DFD, ER-Diagram, Flowmap, Black Box
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item View Item