Perencanaan Arsitektur Enterprise Pada Politeknik Negeri Bandung (Polban) Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning (EAP)

Anggraeni, Irena (2014) Perencanaan Arsitektur Enterprise Pada Politeknik Negeri Bandung (Polban) Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning (EAP).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Politeknik Negeri Bandung adalah sebuah instansi pendidikan yang pada awalnya bernama Politeknik ITB karena berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung (ITB). Dari tahun ke tahun POLBAN berkembang sehingga pengelolaan menjadi semakin kompleks. Segenap sivitas akademika, meliputi Direktur, Wakil Direktur, Staf dan Dosen, serta Mahasiswa memerlukan informasi yang memadai untuk menunjang aktifitasnya di POLBAN. Namun POLBAN masih memerlukan sebuah rancangan arsitektur enterprise untuk mengintegrasikan aplikasi - aplikasi yang ada dan juga untuk pengembangan dari aplikasi tersebut . Maka POLBAN harus memikirkan bagaimana memodelkan arsitektur enterprise terhadap sistem yang berjalan khususnya untuk perbaikan dan pengembangan sistem informasi akademik yang berhubungan dengan proses bisnis, data, aplikasi dan teknologi. Arsitektur enterprise merupakan suatu upaya memandang elemen-elemen yang berbeda dalam suatu organisasi/enterprise secara keseluruhan sebagai satu kesatuan. Untuk mengembangkan dan mengelola arsitektur enterprise perlu diadopsi atau dikembangkan sendiri framework dan proses/metodologi untuk arsitektur enterprise.Framework arsitektur enterprise mengidentifikasikan jenis informasi yang dibutuhkan untuk mendeskripsikan arsitektur enterprise, mengorganisasikan jenis informasi dalam struktur logis, dan mendeskripsikan hubungan antara jenis informasi tersebut. Zachman Framework adalah salah satu framework untuk arsitektur enterprise yang menyediakan cara klasifikasi elemen arsitektural. Pemahaman akan framewok ini akan berguna dalam pengembangan atau pengelolaan arsitektur enterprise dan untuk menentukan metodologi arsitektur enterprise yang mana yang akan dipakai. Perencanaan Arsitektur Enterprise (Enterprise Architecture Planning/EAP) merupakan salah satu metodologi arsitektur enterprise yang berbasis Zachman Framework. EAP memberikan hasil berupa cetak biru TI, yaitu arsitektur data, aplikasi, dan teknologi sebagai pedoman kebutuhan TI. Berhubung EAP pada dasarnya juga merupakan metodologi untuk perencanaan SI (sistem informasi) maka EAP juga menghasilkan rencana implementasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Enterprise Architechture Planning, Blueprint, Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Teknologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item View Item