Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Penerima Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Komputer Indonesia Menggunakan Model AHP dan TOPSIS

Saepudin, Nuludin (2014) Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Penerima Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Komputer Indonesia Menggunakan Model AHP dan TOPSIS.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu (miskin). Salah satu penyelengara program beasiswa bidikmisi adalah peguruan tinggi swasta adalah Universitas Komputer Indonesia. Agar beasiswa ini tersalurkan kepada yang berhak dan tepat sasaran, maka diperlukan suatu sistem yang komprehensif untuk mengambil keputusan. Metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini yaitu metode Analitical Hierarchy Process dan Technique For Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS) dengan cara menggabungkan kedua model ini dimana model AHP dibuat untuk menguraikan masalah ke bentuk hierarki dengan level: tujuan, kriteria, dan alternatif. Sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk menentukan nilai preferensi dari nilai pembobotan kriteria motede AHP yang menjadi nilai akhir. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan calon penerima beasiswa yang lebih berhak dan tepat sasaran sesuai dengan prinsip 3T, yaitu Tepat Sasaran, Tepat Jumlah dan Tepat Waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bidikmisi, Beasiswa, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, TOPSIS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item