Sistem Informasi Pengolahan Nilai Online Sebagai Pendukung Sistem Informasi Akademik Beasiswa Unggulan Pada Universitas Komputer Indonesia

Kharisma Gemilang, Gilang (2014) Sistem Informasi Pengolahan Nilai Online Sebagai Pendukung Sistem Informasi Akademik Beasiswa Unggulan Pada Universitas Komputer Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di Universitas Komputer Indonesia, khususnya pada Program Beasiswa Unggulan. Sejak tahun 2006 (KEMDIKBUD) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) merintis program Beasiswa Unggulan (BU). Program ini sesuai Permendiknas No. 20/2009 tentang Beasiswa Unggulan, merupakan program beasiswa khusus dari pemerintah atau pihak lain berupa bantuan biaya pendidikan kepada putra-putri terbaik bangsa indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa permasalahan dalam pengolahan Nilai Online Beasiswa Unggulan pada UNIKOM yaitu proses pengolahan data nilai dilakukan oleh banyak user seperti sekretariat prodi, pengelola Beasiswa Unggulan dan UNIKOM Center sehingga proses pengolahan membutuhkan waktu yang relatif lama, proses cetak transkrip tidak diperbaharui secara berkala dikarenakan jumalah SKS yang diambil berbeda dengan mahasiswa regular, mahasiswa BU tidak bisa melihat nilai tiap semester secara online karena aplikasi nilai berbasis web khusus untuk mahasiswa BU tidak ada. Tujuan dibangunnya sistem informasi pengolahan nilai online beasiswa unggulan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengelola dan mahasiwa Beasiswa Unggulan, sehingga sistem informasi pengolahan nilai online dapat berjalan dengan baik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview dan metode observasi, sehingga dengan kedua metode itu data��data yang digunakan bisa lebih akurat. Sementara metode pendekatan yang digunakan adalah metode dengan pendekatan terstruktur, dimana metode terstruktur ini dapat lebih mudah di pahami dengan alur proses yang jelas. Sedangkan metode pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall dan perangkat lunak yang digunakan adalah Xampp, Dreamweaver, Chrome dan Mozilla Firefox. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi pengolahan nilai online Beasiswa Unggulan yang diharapkan dapat mempermudah pengolahan data nilai mahasiswa BU serta pembuatan laporan di Universitas Komputer Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beasiswa Unggulan, Sistem Informasi, Metode Terstruktur, Aplikasi, Interview, Observasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item