Sistem Monitoring Dan Evaluasi Penyaluran Dana Bantuan Sosial Pada Kelompok Tani Dd Kecamatan Pacet

Muhamad Yasin, Ari (2014) Sistem Monitoring Dan Evaluasi Penyaluran Dana Bantuan Sosial Pada Kelompok Tani Dd Kecamatan Pacet.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Balai Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPBTPH) Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) sebagai pihak pengelola program bantuan sosial di wilayah Kecamatan Pacet untuk melaksanakan tugas penyaluran bantuan sosial dari Kementrian Pertanian kepada kelompok tani. Permasalahan yang saat ini muncul adalah Kepala Pelaksana Teknis kesulitan dalam mengelola dana bantuan sosial dari penyaluran sampai dengan pengembalian karena banyaknya jumlah kelompok tani, hal ini menyebabkan masih terjadinya penyelewengan pada dana yang seharusnya digunakan sesuai dengan tujuan bantuan sosial itu sendiri. Masalah lain yang muncul adalah belum adanya penilaian yang bisa dibuktikan secara ilmiah untuk mengetahui tingkat keberhasilan kelompok tani dalam melaksanakan program bantuan sosial yang diberikan. Pendekatan untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan, maka perlu dibangun sebuah sistem monitoring dan evaluasi penyaluran dana bantuan sosial pada kelompok tani berbasis web yang dapat mempermudah Kepala Pelaksana Teknis untuk memonitoring pengembalian dana bantuan sosial yang telah dicairkan oleh menteri pertanian, mempermudah Kepala Pelaksana Teknis untuk mengetahui tingkat kemajuan proses pengembalian dana bantuan sosial dari setiap kelompok tani yang disajikan melalui grafik, dan mempermudah Kepala Pelaksana Teknis untuk pengambilan keputusan tentang kinerja kelompok tani dalam melaksanakan program bantuan dari menteri pertanian berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh menteri pertanian yang dihitung menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan strategi black box dan pengujian beta, maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat mempermudah Kepala Pelaksana Teknis dalam mengawasi proses penyaluran sampai pada proses pengembalian dana bantuan sosial, mengawasi tingkat presentase kemajuan proses pengembalian dana bantuan sosial dari setiap kelompok tani, dan dapat mempermudah penilaian kinerja pada setiap kelompok tani dalam melaksanakan program bantuan dari menteri pertanian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Monitoring, Evaluasi, Kelompok Tani, Dana Bantuan Sosial, Pertanian, Simple Additive Weighting (SAW)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28690

Actions (login required)

View Item View Item