Sistem Pengendalian Produksi di PT. SJ Mode Indonesia

Pratama, Adikhara (2014) Sistem Pengendalian Produksi di PT. SJ Mode Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. SJ MODE INDONESIA merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri garment (pakaian jadi). Penelitian ini mengangkat kasus yaitu dalam menentukan jumlah permintaan yang disanggupi perusahaan sering tidak sesuai dengan kemampuan produksi dan penjadwalan yang dilakukan sering mengalami keterlambatan dalam memenuhi target batas waktu penyelesain proses produksi. Hal ini mengakibatkan perusahaan harus melakukan lembur yang berlebihan atau mengirim pesanan melalui jalur udara dimana ongkos kirim yang harus dibayar relatif mahal sehingga keuntungan yang didapat berkurang dan stamina para karyawan menurun. Selain itu penyediaan bahan baku yang dilakukan sering mengalami kendala yaitu kelebihan atau kekurangan bahan baku untuk proses produksi. Hal ini menyebabkan terganggunya proses produksi atau menumpuknya bahan baku di gudang. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, solusi untuk menentukan banyaknya jumlah permintaan yang bisa dipenuhi dihitung dengan waktu proses pengerjaan disetiap mesin untuk setiap produk dikali jumlah permintaan dibagi dengan jumlah mesin dan dibagi dengan jumlah waktu kerja per hari. Sedangkan solusi untuk penjadwalan akan menggunakan metode Earlist Due Date (EDD), dimana tanggal penerimaan produk ke buyer yang lebih cepat akan dikerjakan terlebih dahulu dan untuk proses peramalan bahan baku menggunakan metode single exponential smoothing. Adapun penggunaan pendekatan analisis perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis terstruktur. Berdasarkan hasil pengujian black box dan pengujian beta, maka diperoleh kesimpulan sistem pengendalian produksi yang dibangun sudah dapat membantu production manager dalam menentukan jumlah permintaan yang bisa disanggupi oleh perusahaan serta memudahkan dalam penjadwalan produksi. Selain itu, sistem pengendalian produksi sudah dapat membantu PPIC untuk menyediakan bahan baku yang akan digunakan di bulan berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian, Penjadwalan, Peramalan, Produksi, Garment, Single Exponential Smoothing (SES), Earlist Due Date (EDD)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28704

Actions (login required)

View Item View Item