Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri Beda Status Pendidikan (Studi Fenomenologi Mengenai Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri Beda Status Pendidikan di Kota Bandung)

Lira Insani, Evfrianti (2014) Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri Beda Status Pendidikan (Studi Fenomenologi Mengenai Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri Beda Status Pendidikan di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahu ibagaimana Pola Komunikasi Pasangan Suami Istri di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi yang dilihat dari proses dan hambatan komunikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan pada penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang, terdiri dari : 4(empat) orang untuk informan penelitian dan 3 (tiga) orang informan pendukung Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan valuasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses komunikasi pasangan suami istri dilihat dari intensitas waktu, bahasa dan media apa yang digunakan. Hambatan komunikasi pasangan suami istri dilihat dari waktu, permasalahan, cara berfikir dan cara berkomunikasi satu sama lain yang membentuk berbagai macam pola komunikasi yang diterapkan oleh pasangan suami istri beda pendidikan tersebut. Maka ditemukan pola komunikasi yang dibentuk oleh pasangan suami istri beda pendidikan tersebut yaitu pola komunikasi dominasi dan pola komunikasi semi dominasi. Kesimpulan penelitian bahwa dalam memaknai pola komunikasi suami istri beda status pendidikan melalui proses dan hambatan komunikasi yang diterapkan terlihat perbedaan pendidikan akan cenderung terlihat mendominasi di dalam pernikahan jika terdapat perbedaan yang cukup tinggi diantara suami istri, mereka memaknai halite sebagai salah satu pengaruh dalam cara berpikir ataupun bertindak antar pasangan dan mempengaruhi segala keputusan yang ada. Saran sebaiknya perbedaan status pendidikan antara suami istri ini seharusnya lebih bisa menghargai satu sama lain serta harus saling menghargai perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan keluarga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Pola Komunikasi, Pasangan, Beda Pendidikan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28706

Actions (login required)

View Item View Item