Pelaksanaan Fungsi Sosialisasi Politik Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Jawa Barat (Studi Tentang Peningkatan Pendidikan Politik Masyarakat)

Al Kausar, Ronald (2014) Pelaksanaan Fungsi Sosialisasi Politik Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Jawa Barat (Studi Tentang Peningkatan Pendidikan Politik Masyarakat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah minimnya agen sosialisasi politik, pemberian materi politik, mekanisme politik dan pola sosialiasi politik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana sosialisasi politik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Jawa Barat melalui peningkatan pendidikan politik masyarakat Provinsi Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sosialisasi politik yang dikemukakan oleh Michael Rush dan Phillip Althoff yang terdiri dari empat sub variabel yaitu agen sosialisasi politik, materi sosialisasi politik, mekanisme sosialisasi politik dan pola sosialisasi politik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah Pimpinan DPD dan DPC PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat, kelompok pendidikan, media massa, kelompok agama, kelompok kerja, kelompok kepentingan dan masyarakat. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposif. Hasil penelitian menunjukkan agen sosialisasi politik tersebut masih minim dalam memberikan sosialisasi politik kepada masyarakat. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya hubungan kerjasama antara DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat terhadap agen-agen sosialisasi lainnya. Materi sosialisasi politik yang diberikan kepada masyarakat tidak secara penuh tersampaikan. Hal tersebut dikarenakan mobilisasi politik kepada masyarakat terlihat hanya untuk pemenangan partai saja, sedangkan kebijakan, ideologi, visi, misi dan tujuan partai bersifat terbatas hanya kepada anggota internal partai dan simpatisan. Mekanisme sosialisasi politik dilihat dari imitasi, instruksi, dan motivasi saat ini masih minim. Hal tersebut dikarenakan minimnya prestasi dan sejumlah tokoh panutan politik yang dapat mempengaruhi kebijakan dan perkembangan gagasan ideologi politik DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat. Pola sosialisasi politik dilihat dari pola repsresif dan pola partisipatoris sebagian besar masyarakat tidak memahami konteks politik. Dengan demikian sosialisasi politik DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dinilai belum berjalan secara maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Politik, Partai Politik, Pendidikan Politik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28712

Actions (login required)

View Item View Item