Peranan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Media Pertukaran Informasi Di Kalangan Penggunanya (Studi Deskriptif Tentang Peranan Twitter Sebagai Media Pertukaran Informasi di Kalangan Mahasiswa Di Kota Bandung)

Intan Sari Saragih, Harlina (2014) Peranan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Media Pertukaran Informasi Di Kalangan Penggunanya (Studi Deskriptif Tentang Peranan Twitter Sebagai Media Pertukaran Informasi di Kalangan Mahasiswa Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ��Peranan Jejaring Sosial Twitter Sebagai Media Pertukaran Informasi Di Kalangan Penggunanya. Untuk menjawab masalah diatas, peneliti menganalisa twitter yang terdiri dari manfaat twitter, makna twitter, dampak twitter, jenis informasi di twitter dan peranan twitter. Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Studi Pustaka dan Internet Searching. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 informan penelitian. Hasil penelitian menunjukan, bahwa peranan twitter secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai media pertukaran informasi bila dilihat dari segi manfaatnya, maknanya, dampaknya, jenis informasinya serta peranannya. Twitter membantu penggunanya untuk memperoleh hal-hal apa yang menjadi kebutuhan mereka, selain itu twitter juga menjadi wadah baru untuk mereka berinteraksi dan bertukar informasi dengan pengguna lainnya. Kesimpulan Penelitian ini memperlihatkan bahwa peranan twitter sebagai bagian dari jejaring sosial dapat menjadi salah satu media pertukaran informasi di kalangan penggunanya. Karena melalui twitter, penggunanya dapat membagi apapun yang ia rasakan dan alami sehingga hal tersebut dapat menjadi topik untuk dibahas juga dipertukarkan dengan pengguna lainnya. Saran yang disampaikan pada penelitian ini adalah agar para pengguna twitter dapat lebih bijak lagi untuk menggunakan twitter dalam kehidupan sehari-hari, agar manfaat dan fungsi twitter dapat diperoleh untuk hal-hal yang positif dan baik bagi penggunanya juga bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jejaring Sosial Twitter
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item