Representasi Korupsi Pada Tayangan Iklan Djarum 76 (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Korupsi Dalam Tayangan Iklan Djarum 76)

Firmansyah, Arif (2014) Representasi Korupsi Pada Tayangan Iklan Djarum 76 (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Korupsi Dalam Tayangan Iklan Djarum 76).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Representasi Korupsi dalam Tayangan Iklan Djarum 76. Analisis semiotika yang digunakan adalah Roland Barthes untuk menganalisis apa saja makna dari Denotatif, Konotatif dan Mitos dari Iklan Tayangan Djarum 76. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dokumentasi dan penelusuran data secara online. Objek yang dianalisis merupakan scene yang terdapat dalam tayangan iklan televisi djarum 76 dengan mengambil empat scene. Hasil penelitian menunjukan bahwa Makna Denotasi yang pertama dalam tayangan iklan ini ialah memperlihatkan 3 orang jin yang berasal dari 3 negara yang berbeda.Jin Indonesia menghilangkan tumpukan berkas yang bertuliskan kasus korupsi. Sorak sorai penonton menggelegar dan terlihat sangat senang, serta terlihat wajah-wajah koruptor kelas kakap di Indonesia seperti Gayus Tambunan. Makna Konotatif yang pertama saat sang jin mengatakan ��kasus korupsi hilang�� hal ini menunjukan bahwa kasus korupsi di Indonesia sangat mudah dihilangkan. Terlihat wajah-wajah koruptor kelas kakap seperti Gayus Tambunan mengindikasi bahwa jika kasus korupsi hilang hukuman bagi dia pun akan menghilang. Mitos yang muncul dari seluruh scene ini merupakan salah satu indikasi mudahnya kasus korupsi di Indonesia dihilangkan. Dari tahun ke tahun kasus korupsi di Indonesia tiada habisnya. Kesimpulan penelitian memperlihatkan adanya sindiran dari tayangan iklan televisi tersebut mengenai mudahnya kasus korupsi dihilangkan di negeri Indonesia ini. Saran peneliti memberikan saran bagi sineas yang menggarap sebuah iklan untuk dapat menggambarkan suatu pencitraan dengan ideologi yang disampaikannya dari sebuah produk dengan kemasan penayangan iklannya yang menarik sehingga dapat menarik minat khalayak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Praktek Korupsi, Djarum 76
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28731

Actions (login required)

View Item View Item