Pola Komunikasi Fotografer Dalam Penyebaran Informasi Nilai-Nilai Fotografi Pada Model Pemula (Studi Fenomenologi Penyebaran Nilai-Nilai Fotografi Pada Model Pemula di Komunitas Fotografer Amatir Bandung)

Rudiana, Rifan (2014) Pola Komunikasi Fotografer Dalam Penyebaran Informasi Nilai-Nilai Fotografi Pada Model Pemula (Studi Fenomenologi Penyebaran Nilai-Nilai Fotografi Pada Model Pemula di Komunitas Fotografer Amatir Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi fotografer dalam penyebaran informasi nilai-nilai fotografi pada model pemula di Komunitas Fotografer Amatir Bandung.Subfokus penelitian ini mencangkup interaksi, proses komunikasi, dan hambatan fotografer dalam penyebaran informasi nilai-nilai fotografi pada model pemula di Komunitas Fotografer Amatir Bandung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Informan penelitian sebanyak lima orang, tiga orang fotografer sebagai informan utama, dan dua model pemula sebagai informan pendukung, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data diantaranya tringulasi, peningkatan ketekunan dan diskusi teman sejawat.Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi dilakukan fotografer yakni melakukan pendekatan pada model pemula sehingga terjalin hubungan baik diantara fotografer dan model pemula. Proses komunikasi yang dilakukan dengan proses primer yaitu secara langsung, dan proses sekunder yaitu menggunakan media. Hambatan yang mengganggu jalannya penyampaian pesan berasal dari kurangnya pemahaman model pemula mengenai fotogarafi.Kesimpulan dari peneliti ini pola komunikasi dalam penyebaran pesan mengenai informasi nilai-nilai fotogarafi pada model pemula dapat memudahkan fotografer dalam memberikan informasi nilai-nilai fotografi, seperti arahan pose dan konsep foto dalam pemotretan, sehingga membantu model pemula untuk memahami nilai-nilai fotografi.Saran peneliti adalah dengan adanya komunikasi yang dilakukan oleh fotografer pada model pemula, diharapkan dapat dijadikan pengajaran bagi model pemula mengenai nilai-nilai fotografi sehingga mampu memberikan pengetahuan bagi model sehingga model pemula dapat berkembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Fotografi, Interaksi, Proses Komunikasi, Hambatan, Komunitas Fotografer Amatir Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28732

Actions (login required)

View Item View Item