Pola Komunikasi Guru dan Siswa Siswi Smp Negeri 16 Bandung Dalam Program Rebo Nyunda (Studi Kasus Mengenai Pola Komunikasi Guru dan Siswa Siswi SMP Negeri 16 Bandung Dalam Program Rebo Nyunda)

Puspa Wardhani, Susan (2014) Pola Komunikasi Guru dan Siswa Siswi Smp Negeri 16 Bandung Dalam Program Rebo Nyunda (Studi Kasus Mengenai Pola Komunikasi Guru dan Siswa Siswi SMP Negeri 16 Bandung Dalam Program Rebo Nyunda).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru dan siswa-siswi SMP Negeri 16 Bandung dalam program rebo nyunda. Untuk menjawab masalah di atas, maka diangkat sub-fokus penelitian yang meliputi proses komunikasi dan hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Informan dipilih dengan teknik snowball sampling. Sebagian besar data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, internet searching, dan didukung oleh studi pustaka serta triangulasi data. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian merujuk pada : 1) Proses komunikasi yang terjadi di SMP Negeri 16 Bandung dalam program rebo nyunda baik secara primer maupun sekunder di sekolah tersebut. 2) Hambatan yang terjadi karena kebiasaan mereka dalam penggunaan bahasa sehari-hari dan perbedaan kultur yang ada di antara mereka. Pola komunikasi yang terjadi pada guru dan siswa di sekolah tersebut penggunaan dua bahasa yakni bahasa sunda dan bahasa Indonesia, memakai pakaian tradisional sunda, memutarkan lagu khas sunda dan juga menyediakan makanan khas sunda di ruang guru. Kesimpulan, masih terdapat ketidaksesuaian antara hal pokok dari rebo nyunda tersebut dengan kenyataan di lapangan, hal ini menunjukkan bahwa sebagian dari guru dan siswa belum paham akan nilai esensi dari program rebo nyunda ini. Program ini seperti hanya formalitas belaka. Saran, menetapkan aturan memakai baju pangsi untuk laki-laki, lebih meningkatkan penggunaan bahasa sunda di hari lain agar guru dan siswa dapat lebih memahami banyak kosa kata. Menyelenggarakan event yang bertemakan kebudayaan sunda, memberikan penghargaan kepada siswa yang turut berkontribusi dalam menjalankan program ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Hambatan, Pola Komunikasi, Rebo Nyunda
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28734

Actions (login required)

View Item View Item