Pola Komunikasi Mahasiswa Asal Sumatera Utara Suku Batak Karo (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Mahasiswa Asal Sumatera Utara yang Melakukan Studi di Universitas Komputer Indonesia dalam Berinteraksi dengan Lingkungan Kampusnya)

Fahluvina, Nadia (2014) Pola Komunikasi Mahasiswa Asal Sumatera Utara Suku Batak Karo (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Mahasiswa Asal Sumatera Utara yang Melakukan Studi di Universitas Komputer Indonesia dalam Berinteraksi dengan Lingkungan Kampusnya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Pola Komunikasi Mahasiswa Asal Sumatera Utara Yang Melakukan Studi di Universitas Komputer Indonesia Dalam Berinteraksi Dengan Lingkungan Kampusnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Subyek yang diteliti adalah mahasiswa asal Sumatera Utara di UNIKOM dengan menggunakan teknik snowball sampling diperoleh informan sebanyak 7 (tujuh) orang, dan informan pendukung sebanyak 2 (dua) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah peningkatan ketekunan, triangulasi dan member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi didapatkan dari interaksi yang dilakukan di dalam hubungan yang dijalin seperti percakapan, diskusi, belajar mengajar, dan kegiatan lain yang dilakukan bersama. Hambatan yang dihadapi dalam penelitian ini seperti hambatan semantik, hambatan mekanik, hambatan antropologis, dan hambatan psikologis.Kesimpulan dari penelitian ini, proses komunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa asal Sumatera Utara secara berulang-ulang dan berkelanjutan membentuk pola komunikasi. Proses komunikasi menggunakan pesan verbal yaitu bahasa Indonesia dengan aksen daerah dan pesan nonverbal berupa nada suara yang tinggi, intonasi yang jelas, mimik muka yang tegas, dan sentuhan yang kuat.Saran yang diberikan kepada mahasiswa pendatang untuk dapat menjalin komunikasi dan hubungan yang baik perlu adanya sikap saling menghargai dan toleransi antar latarbelakang budaya yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, Mahasiswa, dan Sumatera Utara.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28737

Actions (login required)

View Item View Item