Implementasi Kebijakan Perda Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan Kota Bandung (Studi Kasus Analisis Pembatasan Jam Operasional Hiburan Malam di Kota Bandung)

Jamain Soamole, Muhammad (2014) Implementasi Kebijakan Perda Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan Kota Bandung (Studi Kasus Analisis Pembatasan Jam Operasional Hiburan Malam di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kebijakan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan Kota Bandung yang dimana bermula dari permasalahan berkembang pesatnya usaha pariwisata hiburan malam di Kota Bandung yang menimbulkan dampak negatif yaitu terganggunya keamanan dan ketertiban di Kota Bandung. Untuk menekan dampak negatif dari wisata hiburan malam, pemerintah Kota Bandung mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan Kota Bandung yang dimana di dalamnya mengatur mengenai pembatasan jam operasional hiburan malam.Teori implementasi dalam penelitian ini menggunakan teori Implementasi Edwards III. Menurut Edwards III ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan strutur birokrasi yang baik.Tipe penelitian ini kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis dekriptif. Sebagian besar data diperoleh dari hasil studi pustaka dan studi lapangan dengan cara observasi partisipan dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Perda ini dari segi komunikasi dan sumberdaya dalam implementasi kebijakan Perda ini belum berjalan optimal, sedangkan dari segi disposisi dan struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan Perda ini sudah berjalan cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, penyelenggaraan pemerintah, urusan kepariwisataan, ketertiban masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item View Item