Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C Kendaraan Sepeda Motor Pada Unit Pelayanan Sim Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Polisi Resor Kota Besar (POLRESTABES) Bandung

Suherman, (2014) Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C Kendaraan Sepeda Motor Pada Unit Pelayanan Sim Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Polisi Resor Kota Besar (POLRESTABES) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Latar Belakang pada dimensi kualitas pelayanan pembuatan SIM C di Polrestabes Bandung merupakan bagian dari kesatuan instansi polri dalam melaksanakan tugasnya di daerahnya untuk melayani masyarakat luas, khususnya dalam pelayanan pembuatan SIM, dalam proses pembuatan SIM C di Polrestabes Bandung sering terjadinya proses antrian panjang yang memakan waktu sampai dengan berjam-jam tidak sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang di tetapkan oleh polrestabes Bandung dalam pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang memakan waktu kurang lebih 70 menit. Teori yang digunakan dalam penelitian ini tentang indikator yang mempengaruhi dari kualitas pelayanan dari Zeithaml, Berry, dan Parasuraman (1990: 21). Teori tersebut dari lima indikator yang meliputi, bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati pada kualitas pelayanan Pembuatan SIM C pada unit pelayanan SIM satuan Satlantas Polrestabes Bandung. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk memperoleh data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan informan yang digunakan oleh peneliti yakni teknik penentuan informan secara purposive yang ditujukan kepada aparatur, sedangkan kepada masyarakat peneliti menggunakan accidental. Hasil penelitian Menyatakan bahwa dalam penelitian ini, bukti Fisik SIM C yang ada di Satlantas Polrestabes Bandung dalam proses pelayanan pembuatan SIM C masih belum cukup baik, kehandalan Setiap aparatur dalam proses pembuatan SIM C sudah Cukup baik, daya tanggap aparatur dalam memberikan pelayanan pembuatan SIM C sudah cukup baik, jaminan aparatur dalam memberikan jaminan dalam proses pelayanan pembuatan SIM C masih kurang cukup baik, mempati kepedulian aparatur dalam pelayanan pembuatan SIM C kepada masyarakat sudah cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, SIM C
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item