Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Subang (Studi Kasus Pelayanan Mutasi Pindah Wilayah Internal SKPD)

Putri Rahayu, Intan (2014) Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Subang (Studi Kasus Pelayanan Mutasi Pindah Wilayah Internal SKPD).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh adanya beberapa masalah yaitu kinerja BKD yang kurang berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari kurangnya sumber daya manusia pada pelayanan mutasi. Masih ada beberapa aparatur pelayanan mutasi yang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah. BKD dalam memberikan pelayanan mutasi belum menggunakan SOP. Anggaran keuangan yang digunakan untuk fasilitas pendukung pelayanan mutasi masih kurang. Aparatur banyak yang terlambat masuk kerja sehingga mengakibatkan pelayanan mutasi terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Subang pada pelayanan mutasi pindah wilayah internal SKPD. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kinerja organisasi menurut Chaizi Nasucha. Menurut Chaizi Nasucha kinerja organisasi memiliki empat indikator yang digunakan yaitu, akuntabilitas, efektivitas, efisiensi dan equity. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi lapangan dan observasi serta dengan melakukan wawancara, informan dalam penelitian ini adalah aparatur Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Subang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, akuntabilitas BKD dapat terlihat dari setiap aparatur bidang mutasi dalam memberikan pelayanan mutasi memiliki tanggungjawab terhadap pimpinan dan para PNS yang dimutasi. Efektivitas, masih kekurangan aparatur bidang mutasi dan masih ada aparatur dengan latar belakang pendidikan yang kurang. Efisiensi terlihat dari pelayanan mutasi yang diberikan tidak menggunakan SOP sehingga waktu yang digunakan untuk pelayanan mutasi tidak tetap, Selain itu dalam pelayanan mutasi membutuhkan anggaran yang cukup besar terutama pada kebutuhan akses internet. Equity dapat dilihat dari pelayanan yang diberikan BKD secara adil tanpa membeda-bedakan yang dilayani serta transparansi dalam memberikan pelayanan mutasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kinerja organisasi, manajemen kepegawaian, organisasi perangkat daerah, pelayanan mutasi pindah wilayah internal SKPD
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28743

Actions (login required)

View Item View Item