Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraann Bermotor Melalui Sistem Administrasi Manunggal (SAMSAT) di Bandung Timur

Damayanti Putri, Shela (2014) Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraann Bermotor Melalui Sistem Administrasi Manunggal (SAMSAT) di Bandung Timur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya masalah pelayanan yang dijanjikan itu hanya 5 menit, tetapi dalam kenyaataannya ada yang dibutuhkan hingga 10 menit hal ini terjadi dikarenakan adanya pelayanan yang menggunakan calo selain itu fasilitas yang tersedia tidak digunakan sebaik mungkin oleh aparatur dalam menjalankan pelayanan dan kurangnya aparatur jaga dalam membantu masyarakat yang mencari informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pajak kendaraann bermotor melalui sistem administrasi manunggal (SAMSAT) Bandung Timur.Teori yang digunakan menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml et. al, 1990:26 yang mengemukakan ada 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu : Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy.Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka yang terdiri dari observasi dan wawancara. Teknik menentukan informan dengan cara purposive untuk aparatur dan accidental untuk masyarakat.Untuk teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa Tangibles cukup baik, karena aparatur tidak mempergunakan fasilitas dengan semaksimal mungkin. Reliability cukup baik dengan standar waktu pelayanan itu 5menit meski dalam pelaksanaannya bisa hingga 10menit. Responsiveness cukup baik meski kekurangan sumber daya manusia untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Assurance sudah baik dalam menjawab pertanyaan dari masyarakat. Empathy sudah cukup baik meski masih ada batasan antara aparatur dengan masyarakat. Maka kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Bandung Timur menurut peneliti cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor, SAMSAT
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28744

Actions (login required)

View Item View Item