Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi (Studi Tentang Peningkatan Akses Layanan dan Derajat Kesehatan Masyarakat Miskin)

Setia Rini, Utari (2014) Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi (Studi Tentang Peningkatan Akses Layanan dan Derajat Kesehatan Masyarakat Miskin).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Kinerja Bappeda dari permasalahan SDM yang kurang, kualitas layanan yang lambat dan pelaksanaan kegiatan yang terprogram belum mencapai target.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja organisasi publik menurut Agus Dwiyanto yang terdiri dari lima indikator yaitu produktifitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi literatur, studi lapangan dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Aparatur Bappeda Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, serta masyarakat Kota Sukabumi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposif.Hasil penelitian menunjukan, produktivitas Bappeda Kota Sukabumi kurang baik dengan kurangnya SDM, dana dan waktu pelaksanaan yang lambat serta masyarakat yang tidak terdata sehingga tidak memiliki kartu jaminan kesehatan. Kualitas layanan Bappeda Kota Sukabumi cukup baik karena sudah memenuhi kebutuhan dengan adanya fasilitas-fasilitas pendukung, sifat keterbukaan serta perhatian terhadap masyarakat. Responsivitas Bappeda Kota Sukabumi kurang baik dalam program akses layanan dan derajat kesehatan masyarakat miskin di Kota Sukabumi belum memahami kebutuhan masyarakat, memberikan informasi tentang program kesehatan di Kota Sukabumi kurang dirasakan oleh sebagian masyarakat. Responsibilitas Bappeda Kota Sukabumi cukup baik karena sudah sesuai dengan pra SOP dan peraturan yang ada. Akuntabilitas kinerja Bappeda Kota Sukabumi kurang baik dikarnakan belum tercapainya sasaran dari program Bappeda Kota Sukabumi bersama pihak-pihak terkait dan sebagian masyarakat belum merasakan manfaat dari pelaksanaan program tersebut. Dengan demikian kinerja Bappeda Kota Sukabumi dalam meningkatkan akses layanan dan derajat kesehatan masyarakat miskin di Kota Sukabumi dinilai cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Akses Layanan, Derajat Kesehatan Masyarakat Miskin
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item View Item