Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung

Budi Arti, Nur (2014) Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini beranjak dari keinginan terwujudnya tertib administrasi tetapi pada nyatanya kepemilikan Kartu Keluarga belum sesuai dengan jumlah rasio penduduk yang wajib memiliki Kartu Keluarga, kurangnya memberikan informasi yang faktual kepada masyarakat serta belum meratanya sosialisasi dan penyuluhan pentingnya memiliki Kartu Keluarga, selain itu kurangnya kedisiplinan aparatur dan tanggung jawabnya atas pekerjaan untuk melayani masyarakat.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan dari Lijan Poltak Sinambela mengemukakan bahwa untuk mencapai kepuasan dituntut kualitas pelayanan prima yang tercermin dari Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, da Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, studi lapangan, observasi, serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Aparat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bagian kependudukan Kartu Keluarga dengan menggunakan teknik proposive sampling dan masyarakat dengan menggunakan teknik accidental. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berjalan dengan cukup baik, masyarakat yang sedang membuat maupun perbaikan Kartu Keluarga merasa dilayani dengan baik dan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Hanya saja masih terdapat beberapa yang menjadi penghambat yang menjadi faktornya khusunya peran masyarakat dalam kepemilikan Kartu Keluarga masih kurang dari jumlah rasio yang diwajibkan memiliki KK karena sosialisasi yang belum merata serta belum melebarnya penyuluhan pentingnya mempunyai KK oleh Aparat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas,Pelayanan,Pembuatan Kartu Keluarga
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28746

Actions (login required)

View Item View Item