Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Distro Arena Experience Bandung)

Azis Zailani, Rinal (2014) Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Distro Arena Experience Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Distro Arena Experience Bandung jalan Ir. H. Djuanda No. 207 Bandung. Bisnis yang sedang berkembang pesat saat ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang konveksi, khususnya Factory outlet dan Distribution store atau biasa disebut Distro. Ditsro merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan clothing dan distribusi.. Hal ini menandakan bahwa perkembangan fashion di Indonesia berkembang ke arah yang semakin baik. Banyaknya jumlah Distro yang ada di Kota Bandung memicu tingkat persaingan yang cukup ketat antar Distro, hal ini menimbulkan kondisi perebutan calon pelanggan antara sesama Distro. Dengan tingkat persaingan yang tinggi saat ini Distro berlomba-lomba untuk membuat pelanggan setia terhadap Distronya. Hasil survei awal kepada 30 responden menunjukkan bahwa adanya indikasi pelanggan memiliki tingkat loyalitas yang kurang tinggi. Nilai pelanggan yang dirasakan pelanggan juga dirasa kurang optimal sehingga adanya indikasi bahwa tingkat nilai pelanggan belum tinggi. Sedangkan menurut pelanggan bahwa citra perusahaan yang terbentuk dinilai belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan Distro Arena Experience Bandung. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan Distro Arena experience Bandung yang berjumlah 750 orang. Metode penarikan sampel mengacu kepada pendekatan Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran variabel nilai pelanggan, citra perusahaan serta loyalitas pelanggan. Sedangkan metode verifikatif untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan dengan loyalitas pelanggan. Selain itu untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan dilakukan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah korelasi pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 18.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel nilai pelanggan dan citra perusahaan memberikan pengaruh sebesar 78,4% terhadap loyalitas pelanggan (Y). Sedangkan sisanya sebesar 21,6% loyalitas pelanggan (Y) dapat diterangkan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti oleh penulis..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: nilai pelanggan, citra perusahaan, loyalitas pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28747

Actions (login required)

View Item View Item