Analisis Pengaruh Sharing Tacit Knowledge dan Sharing Explicit Knowledge Terhadap Inovasi Karyawan PT. Swamedia Informatika di Bandung

Iman Suryadi, Fajar (2014) Analisis Pengaruh Sharing Tacit Knowledge dan Sharing Explicit Knowledge Terhadap Inovasi Karyawan PT. Swamedia Informatika di Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Inovasi mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja dan meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi perusahaan menjadi lebih baik. Inovasi dalam perusahaan dapat berasal dari pengetahuan yang dimiliki para karyawan. Pengetahuan (knowledge) sendiri dapat terdiri dari dua bentuk yaitu pegetahuan yang bersifat personal atau tacit knowledge dan pengetahuan yang bersifat terdokumentasikan atau explicit knowledge. Pengelolaan pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagi pengetahuan diantaranya dengan berbagi pengetahuan tacit (sharing tacit knowledge) dan bebagi pengetahuan eksplisit (sharing explicit knowledge). Dengan adanya sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge, pengetahuan dapat disebarluaskan dan dimanfaatkan oleh karyawan. Sehingga dapat menambah keterampilan kerja dan kemampuan inovasi karyawan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalasis dan mengetahui (1) sharing tacit knowledge, sharing explicit knowledge dan inovasi (2) hubungan sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge (3) pengaruh sharing tacit knowledge terhadap inovasi (4) pengaruh sharing explicit knowledge terhadap inovasi (5) pengaruh sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge terhadap inovasi karyawan P.T.Swamedia Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survey deskriptif dan survey eksplanatori. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan alat uji analisis jalur (path analysis). Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 17. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge sudah berjalan dengan baik pada P.T.Swamedia Informatika. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa inovasi sudah berjalan dengan baik pada P.T.Swamedi Informatika. Hasil hipotesis ketiga menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi karyawan pada P.T.Swamedia Informatika. Jadi sharing tacit knowledge, sharing explicit knowledge dan inovasi saling berhubungan. Hal ini harus menjadi perhatian karena terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara ketiganya. Sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge dapat meningkatkan inovasi karyawan. Sehingga, pengembangan sharing tacit knowledge dan sharing explicit knowledge dapat meningkatkan inovasi karyawan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sharing tacit knowledge, sharing explicit knowledge dan inovasi
Subjects: S2 Thesis > Magister Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28751

Actions (login required)

View Item View Item