Analisis Formulasi dan Implementasi Strategi Dalam Membangun Eksistensi Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Jasa Wisata Ma'arif Garden di Tasikmalaya)

Walida, Benazir (2014) Analisis Formulasi dan Implementasi Strategi Dalam Membangun Eksistensi Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Jasa Wisata Ma'arif Garden di Tasikmalaya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di dalam persaingan usaha yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk mengenali kondisi lingkungan internal dan eksternal untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan ke depan. Masalah fungsi bisnis perusahaan merupakan salah satu hasil identifikasi analisis internal. Selain itu berdasarkan analisis eksternal, salah satu yang menjadi ancaman adalah pesaing usaha. Menyikapi hal tersebut, perusahaan perlu melakukan analisis situasional perusahaan, seperti analisis SWOT, IFAS, EFAS, dan SFAS. Setelah itu adalah pemilihan strategi melalui formulasi dan implementasi strategi yang tepat bagi perusahaan. Formulasi strategi dilakukan dengan pemetaan strategi dan penentuan strategi perusahaan. Pada pemetaan strategi perusahaan menjelaskan strategi yang telah digunakan oleh perusahaan dari tiga tingkatan, baik strategi korporasi, strategi bisnis, maupun strategi fungsional yang digunakan. Metode analisis yang digunakan berdasarkan sumber data dari internal perusahaan. Untuk tahap penentuan alternatif strategi, analisis yang digunakan melalui pemetaan skor kondisi internal dan eksternal perusahaan dengan analisis Corporate Strategy dan TOWS Matrix. Kedua metode analisis tersebut digunakan untuk mendapatkan beberapa alternatif strategi. Melalui analisis Corporate Strategy, strategi terpilih adalah ��horizontal Integration��, Sedangkan analisis TOWS Matrix mengajukan tiga alternatif strategi, yaitu strategi product development, market penetration, dan market development. Adapun implementasi strategi yang diajukan penulis yaitu strategi product development dengan pengembangan produk baru. Adapun program yang diajukan yaitu launching produk baru Ma��arif Garden, penguatan SDM yang berkualitas, dan melakukan edukasi terhadap pasar bahwa ada jasa baru yang ditawarkan oleh Ma��arif Garden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Bisnis, Analisis Situasional Perusahaan, Formulasi Strategi, Implementasi Strategi
Subjects: S2 Thesis > Magister Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28752

Actions (login required)

View Item View Item