Strategi Indonesia Dalam Menghadapi China Pasca Penerapan Asean-China Free Trade Area (ACFTA) (Studi Kasus: Industri Tekstil Dan Produk Tekstil (TPT) 2010-2013)

Dara, Raisa (2014) Strategi Indonesia Dalam Menghadapi China Pasca Penerapan Asean-China Free Trade Area (ACFTA) (Studi Kasus: Industri Tekstil Dan Produk Tekstil (TPT) 2010-2013). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan sejauh mana strategi pemerintah Indonesia dalam menghadapi China pasca penerapan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) terutama dalam sektor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dengan batasan waktu penelitian dari tahun 2010 sampai tahun 2013.Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis bagaimana pengaruh ACFTA bagi industri TPT Indonesia, apa saja langkah dan strategi yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi China pasca ACFTA di sektor industri TPT, apa saja kendala, serta apa peluang bagi industri TPT Indonesia terkait adanya ACFTA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sebagian besar data dikumpulkan dari hasil wawancara dan literatur serta didukung oleh studi pustaka dan penelusuran website. Penelitian dilakukan di Kadin pusat, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, serta di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan langkah-langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapai China dalam sektor industri TPT adalah membenahi kesiapan industri TPT Indonesia baik dari segi pengamanan pasar domestik maupun peningkatan daya saing industri TPT. Selain itu pemerintah Indonesia mengambil langkah untuk menguatkan Ekspor TPT Indonesia ke China, dan juga membuat kebijakan polugri terhadap China dalam sektor industri TPT terkait ACFTA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, ACFTA, industri tekstil dan produk tekstil, China
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28756

Actions (login required)

View Item View Item