Pengaruh Penerapan E-Commerce dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing di PT. Balai Iklan Bandung

Gunawan, Chandra (2014) Pengaruh Penerapan E-Commerce dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing di PT. Balai Iklan Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini semakin banyak pelaku bisnis berbasis e-commerce yang menggunakan model C2C (Consumer to Consumer). Munculnya situs-situs jual beli online seperti olx.co.id, berniaga.com, kaskus.co.id berpengaruh pada penurunan omzet biro iklan surat kabar, akibat berpindahnya pelanggan mereka untuk menggunakan situs jual beli online. Penelitian ini dilakukan pada salah satu biro iklan surat kabar terbesar di Bandung, PT. Balai Iklan. Ada pun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan e-commerce dan reputasi perusahaan terhadap keunggulan bersaing di PT. Balai Iklan Bandung. Dimana terjadi penurunan keunggulan bersaing PT. Balai Iklan, penerapan bisnis e-commerce balaiiklan.com yang masih kurang optimal, serta PT. Balai Iklan yang hanya memiliki reputasi di Bandung dan sekitarnya (skala lokal), dan belum ke seluruh Indonesia (skala nasional). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memberikan kuesioner terhadap 150 orang responden dari populasi sebanyak 240 orang yang merupakan pelanggan yang memasang iklan melalui situs balaiiklan.com. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Dengan uji statistik melalui uji asumsi klasik menggunakan program Eviews 8. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-commerce, reputasi perusahaan, dan keunggulan bersaing di PT. Balai Iklan Bandung baik. Dan pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan e-commerce maupun reputasi perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil uji statistik diperoleh R squared sebesar 0,371, yang berarti penerapan e-commerce dan reputasi perusahaan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing sebesar 37,1%, sedangkan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan E-Commerce, Reputasi Perusahaan, Keunggulan Bersaing
Subjects: S2 Thesis > Magister Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28760

Actions (login required)

View Item View Item