Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dalam Usulan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Subang

Hirawan, Dedeng (2014) Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dalam Usulan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Subang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelaksanaan program e-government yang dicanangkan pemerintah pusat merupakan salah satu faktor penting dalam terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Hal ini bisa terwujud jika dalam pelaksanaannya mengacu pada tata kelola sistem dan teknologi informasi (IS/IT governance) yang baik pula. Mulai dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation), hingga pengawasan (monitoring). Maka dari itu, pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Subang perlu mencantumkan perencanaan sistem informasi dalam rencana pembangunan baik jangka menengah ataupun jangka panjang. Perencanaan strategis sistem informasi seharusnya disesuaikan dengan visi dan misi pemerintah daerah, hal ini dimaksudkan agar dalam pengembangan sistem informasi menjadi tepat sasaran dan sesuai dengan arah pembangunan pemerintah Kabupaten Subang. Dalam merumuskan perencanaan strategis sistem informasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai pendekatan ilmiah (teknokratik) dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPMD) oleh Bappeda selaku badan yang mempunyai tugas dalam penyusunan rencana pembangunan di Kabupaten Subang. Selanjutnya tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menganalisa penerapan sistem yang telah berjalan saat ini (existing) dengan menggunakan tools domain plan and organize COBIT 4.1. Kemudian dilakukan perumusan rencana strategis dengan mempertimbangkan faktor eksternal dengan menggunakan analisa PEST (Political, Economic, Social-Culture, and Technology). Tahapan yang terakhir yaitu berupa rekomendasi dengan memetakan sistem informasi yang dibutuhkan dalam bentuk aplikasi portfolio Mc.Farlan, serta arahan arsitektur aplikasi dan implementasi rencana strategis untuk jangka waktu lima tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-government, perencanaan strategis, IT Governance
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item