Model Knowledge Management System Pengelolaan Materi Ajar Pada Portal (Studi Kasus Program Studi Teknik Informatika UNIKOM)

Dewi Widianti, Utami (2014) Model Knowledge Management System Pengelolaan Materi Ajar Pada Portal (Studi Kasus Program Studi Teknik Informatika UNIKOM).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di Program Studi Teknik Informatika UNIKOM meliputi pelaksanaan tatap muka di kelas, pembuatan materi ajar, pemberian tugas mandiri serta kegiatan ujian tengah semester dan akhir semester. Materi ajar merupakan pengetahuan dan aset Program Studi dimana terdapat komposisi, porsi dan komposisi mata kuliah. Pengaturan porsi dan komposisi setiap mata kuliah disesuaikan dengan standar kompetensi yaitu mengacu kepada silabus dan kurikulum yang berlaku. Terdapat permasalahan dalam pengelolaan materi ajar saat ini yaitu materi ajar masih dimiliki oleh masing-masing dosen dan belum menjadi milik program studi, penyimpanan serta penyebaran (sharing) materi ajar di lingkungan dosen masih membutuhkan waktu yang lama karena materi ajar tidak tersimpan dalam suatu pohon pengetahuan dalam suatu sistem, dosen tidak mengupdate materi ajar secara teratur sehingga terdapat materi ajar yang disampaikan tidak relevan dengan perkembangan teknologi yang ada. Permasalahan tersebut membuat ketua program studi kesulitan melakukan monitoring materi ajar. Materi ajar merupakan pengetahuan bagi suatu perguruan tinggi yang dapat diproses, diolah dan didistribusikan dengan memanfaatkan knowledge management system. Knowledge Management System merupakan suatu sistem yang mampu melakukan klasifikasi terhadap pengetahuan yang ada, Text mining merupakan proses pengambilan data berupa teks dari sebuah sumber dalam hal ini sumbernya adalah dokumen. Dengan text mining dapat dicari kata-kata kunci yang dapat mewakili isi dari suatu dokumen lalu dianalisa dan dilakukan pencocokan antara dokumen dengan database kata kunci yang telah dibuat untuk menentukan atau memilah kategori suatu dokumen. Sedangkan proses pengukuran tingkat similaritas antar dokumen dilakukan dengan membandingkan suatu kata kunci dengan dokumen dengan menerapkan vector space model dari Information Retrieval. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara meninjau kepustakaan, mengumpulkan data, membangun model portal berdasarkan 10 roadmap KM dengan pembatasan tahapan yang digunakan hanya 2 fase 6 tahap dari roadmap KM sehingga menghasilkan rekomendasi model portal yang terdapat pengelolaan materi ajar yaitu perhitungan tigkat similaritas dokumen materi ajar terhadap silabus dan kurikulum. Penelitian ini menghasilkan model portal dan pengelolaan materi ajar yang telah menerapkan prinsip knowledge management system mendukung penggunaan, pemanfaatan dan pembuatan pengetahuan dengan menerapkan Text Mining dan Vector Space Model dari IR (Information Retrieval) dan selaras dengan strategi bisnis Program Studi Teknik Informatika. Sebagai saran pengelolaan materi ajar dikembangkan menggunakan jenis tacit knowledge dan diimplementasikan dengan berbasis expert system.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Portal Knowledge Management System, roadmap KM, Materi Ajar, Information Retrieval, Vector Space Model
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28767

Actions (login required)

View Item View Item