Penerapan Data Mining Pada Penjualan Unit Pesawat Di PT. Dirgantara Indonesia Bandung Dengan Metode Clustering

Harta Ginting, Beni (2016) Penerapan Data Mining Pada Penjualan Unit Pesawat Di PT. Dirgantara Indonesia Bandung Dengan Metode Clustering.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam dunia bisnis yang selalu dinamis dan penuh persaingan, para pelakunya harus senantiasa memikirkan cara- cara untuk terus survive dan jika mungkin mengembangkan skala bisnis mereka. PT. Dirgantara indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pesawat sebagai perusahaan besar, pt. Dirgantara indonesia menghasilkan berbagai macam produk/unit pesawat dengan nama dan jenis yang berbeda. Tidak hanya pt. Dirgantara indonesia, masih cukup banyak perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dibidang serupa. Hal tersebut tentu saja menimbulkan persaingan bisnis antar perusahaan. Dalam rangka menghadapi persaingan bisnis dan meningkatkan pendapatan perusahaan pihak terkait dalam perusahaan tersebut dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi pemasaran produk/unit pesawat yang akan dijualnya. Ketersediaan data yang melimpah, kebutuhan akan informasi (atau pengetahuan) sebagai pendukung pengambilan keputusan untuk membuat solusi bisnis, dan dukungan infrastruktur di bidang teknologi informasi merupakan cikal-bakal dari lahirnya teknologi data mining. Data mining dimaksudkan untuk memberikan solusi nyata bagi para pengambil keputusan di dunia bisnis Salah satu metode yang terdapat dalam data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengelompokan (clustering) dimana metode tersebut mengidentifikasi objek yang memiliki kesamaan karakteristik tertentu, dan kemudian menggunakan karakteristik tersebut sebagai ��vektor karakteristik�� atau ��centroid��. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat mempermudah menganalisis sejumlah data yang besar guna membantu memberikan informasi berharga sebagai gambaran dasar pengambilan keputusan perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persaingan bisnis, solusi bisnis, teknologi informasi, data mining, pengelompokan(clustering)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item