Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal dan Implikasinya Pada Belanja Pemeliharaan (Studi Pada Pemerintah Kota Cirebon)

Nur Putriasani, Novia (2014) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal dan Implikasinya Pada Belanja Pemeliharaan (Studi Pada Pemerintah Kota Cirebon). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Belanja modal merupakan pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk perolehan aset tetap. Untuk menjaga agar aset tetap dapat digunakan sesuai dengan estimasi umur ekonomisnya dibutuhkan penyediaan anggaran belanja pemeliharaan. Guna menunjang ketersediaannya pengalokasian dana untuk belanja modal dan belanja pemeliharaan, maka pemerintah daerah harus menggali sumber-sumber penerimaan daerahnya melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Modal dan implikasinya pada Belanja Pemeliharaan di Pemerintah Kota Cirebon. Dalam penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan menggunakan laporan realisasi anggaran pertriwulan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Modal dan Belanja Pemeliharaan Pemerintah Kota Cirebon dari tahun 2006 hingga tahun 2013 sebanyak 32 sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis jalur (Path Analysis) dan analisis sobel (Sobel Test). Proses analisis tersebut menggunakan software SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap belanja modal, dan belanja modal berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap belanja pemeliharaan. Serta dari hasil analisis sobel menunjukkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap belanja pemeliharaan melalui belanja modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Modal, Belanja Pemeliharaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item