Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Muliani, (2014) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Otonomi Daerah menuntut Pemerintah Daerah untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah memberikan informasi keuangan yang transparan. Masih adanya hasil audit laporan keuangan daerah yang opininya wajar dengan pengecualian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan daerah tersebut masih memerlukan penyempurnaan secara terus-menerus. Faktor yang sangat berpotensi dalam mempengaruhi baik buruknya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah adalah sumber daya manusia dan sistem pengendalian intern. Sampel penelitian ini adalah 40 orang pegawai di empat unit bidang di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Sampel tersebut dipilih berdasarkan sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang dilakukan yaitu meliputi uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis serta menggunakan program IBM SPSS v.20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dan sistem pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28797

Actions (login required)

View Item View Item