Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA) (Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2013)

Anggraeni, Dewi (2014) Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (ROA) (Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Modal kerja adalah investasi perusahaan jangka pendek seperti kas, surat berharga, piutang dan inventori atau seluruh aktiva lancar, modal kerja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, karena jika terjadi kelebihan atau kekurangan dana hal ini akan mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Selain modal kerja, profitabilitas yang dihasilkan juga dipengaruhi oleh perputaran persediaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah variabel-variabel seperti perputaran persediaan, dan modal kerja memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan menggunakan ROA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan pengujian statistik menggunakan analisis path. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan farmasi sebanyak 9 perusahaan yang listing di BEI pada tahun 2008-2013. Sampel diambil menggunakan metode sensus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang berasal dari Bursa Efek Indonesia dalam Indonesian Capital Market Directory yang terdiri dari laporan rugi laba dan neraca. Hasil analisis penilitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) modal kerja berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA. (2) perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja, Perputaran Persediaan dan Profitabilitas (ROA)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28799

Actions (login required)

View Item View Item