Sekolah Alam Punclut Tema Arsitektur Tropis

Nurliyadin, Eka (2014) Sekolah Alam Punclut Tema Arsitektur Tropis.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Anak dengan dengan segala impian dan potensi yang tidak dapat berkembang karena tekanaan dan lingkungan yang tidak mendukung untuk mengeksplor kemampuannya. Sekolah Alam adalah impian yang menjadi kenyataan bagi mereka yang mengangankan dan menginginkan perubahan dalam dunia pendidikan secara menyeluruh yang pada akhirnya mengarah pada perbaikan mutu dan hasil akhir dari proses pendidikan itu sendiri. Disekolah alam, anak-anak dibebaskan berekplorasi dan berekspresi tanpa dibatasi sekat-sekat dinding dan berbagai aturan, yang mengekang rasa ingin tahu mereka, yang membatasi interaksi mereka dengan kehidupan yang sebenarnya, yang membuat mereka berjarak dan akrab dengan alam mereka. Perkembangan kognitif, motorik, sosial, emosional, dan kepribadian anak penyandang tunanetra bisa berkembang secara optimal jika diberikan kebebasan untuk mengembangkan bakatnya yang tepat dan diberikan sejak dini. Berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan keinginan untuk menciptakan sebuah fasilitas pendidikan yang ideal yang nantinya juga dapat lebih memandirikan dan memberdayakan para siswa dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki, maka perancang ingin merancang, sebuah kawasan yang menampung kebutuhan mereka dalam bidang pendidikan, bagi anak usia dinisampai sekolah dasar yang ada di seluruh Indonesia pada umumnya, dan Bandung pada khususnya. Proses perancangan ini, bermaksud untuk mewadahi kebutuhan pendidikan khusus yang berorientasi pada alam bebas, berupa sebuah kawasan sekolah alam bagi anak yaitu usia kurang lebih 12 (dua belas) tahun, dengan fasilitas-fasilitas pendukungnya, yang mengacu pada pemanfaatan elemen-elemen arsitektural terhadap perilaku dan karakteristik perkembangan anak-anak. Perancangan penanda yang diberikan pada kawasan sekolah ini, dilakukan baik secara arsitektural (seperti pada gubahan masa, dinding, dan atap), maupun non spatial (seperti melalui suara air, jenis tumbuhan, bercocok tanam dan bertani), sebagai respon akan karakteristik mereka, serta pemanfaatan sensori dan motoric lain yang dimiliki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sekolah ALAM UNCLUT
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Arsitektur > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Arsitektur (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item View Item