Perancangan Alat Pengaman Kendaraan Bermotor Roda Dua Menggunakan RFID dan Pembacaan Letak Kendaraan Menggunakan GPS Berbasis Mikrokontroler

Ramadhian, Rayanti (2014) Perancangan Alat Pengaman Kendaraan Bermotor Roda Dua Menggunakan RFID dan Pembacaan Letak Kendaraan Menggunakan GPS Berbasis Mikrokontroler.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maraknya pencurian yang terjadi khususnya pada sepeda motor menjadi latar belakang dibuatnya alat pengaman kendaraan bermotor roda dua menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) dan Global Positioning System (GPS). RFID reader digunakan sebagai pengganti kunci kontak kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan TAG ID yang berfungsi sebagai starter yang dapat menyalakan dan mematikan mesin motor. RFID reader dapat membaca TAG ID dengan jarak maksimal 8cm. Sedangkan GPS disini memiliki fungsi untuk mendeteksi keberadaan kendaraan bermotor yang hasil bacaannya berupa longitude dan latitude. Hasil bacaan GPS ini akan dimasukan pada aplikasi Google Maps pada Handphone (HP) untuk mendapatkan tampilan secara visual. Jarak perbedaan posisi kendaraan sebenarnya dengan posisi kendaraan yang di dapat dari GPS yang terpasang pada kendaraan dapat mencapai �±20 meter dan jarak rata-rata perbedannya dari hasil analisis mencapai �± 8,9 meter dengan error rata-rata 8,9%. Alat ini dilengkapi Global System for Mobile (GSM) modul agar pemilik kendaraan dapat berkomunikasi dengan sistem dengan bantuan fasilitas Short Message Service (SMS). Sistem ini menggunakan mikrokontroler ATmega128 dan ATmega32. Adapun keuntungan menggunakan kunci RFID dilengkapi dengan sistem alarm dan sistem informasi keadaan kendaraan yang dikirim melalui SMS ke HP pemilik kendaraan, apabila ada yang mencoba menyalakan kendaraan tanpa menggunakan TAG ID.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: RFID, TAG ID, GPS, GSM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item View Item