Pengembangan Algoritma Pengolahan Citra Untuk Mengontrol Kepadatan Lalu Lintas Pada Persimpangan Dua Arah Berbasis Logika Fuzzy

Sitanggang, Sabas (2014) Pengembangan Algoritma Pengolahan Citra Untuk Mengontrol Kepadatan Lalu Lintas Pada Persimpangan Dua Arah Berbasis Logika Fuzzy.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, baik hardware maupun software, memudahkan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Seperti pada masa sekarang ini pengguna kendaraan semakin banyak. Hal ini mengakibatkan beberapa kota-kota besar mengalami kemacetan lalu lintas. Oleh karena itu, dirancang sebuah sistem lampu lalu lintas berbasis logika Fuzzy yang dapat mengatur lampu lalu lintas berdasarkan jumlah kendaraan. Sistem ini merupakan pengembangan algoritma pengolahan citra untuk mengontrol kepadatan lalu lintas pada persimpangan dua arah berbasis logika Fuzzy. Software yang digunakan untuk image processing dan proses Fuzzy adalah MATLAB R2009b. Dari algoritma pendeteksian kendaraan yang sudah dibuat, didapat tingkat keberhasilan untuk deteksi kendaraan berjumlah 1 dan 2 sebesar 100%, untuk kendaraan berjumlah 3, 4, 7, 8, dan 9 sebesar 80%, untuk kendaraan berjumlah 5 dan 6 sebesar 90%, dan untuk kendaraan berjumlah 10 sebesar 70%. Sehingga tingkat keberhasilan deteksi kendaraan dari semua percobaan sebesar 85% dan error 15% dengan error detection �±1. Tingkat keberhasilan deteksi dipengaruhi oleh background, intensitas cahaya, warna kendaraan, posisi kendaraan yang tidak teratur, dan nilai threshold yang belum adaptif. Lama waktu penyalaan lampu lalu lintas tergantung dari kondisi-kondisi yang dibuat berdasarkan hasil output defuzzyfikasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Citra, MATLAB, Logika Fuzzy, Komunikasi Serial RS232, Sistem Minimum Atmega8535
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28807

Actions (login required)

View Item View Item