Tinjauan Atas Prosedur Pelaksanaan Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wibawa Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Barat

Meilasari, Mela (2014) Tinjauan Atas Prosedur Pelaksanaan Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Wibawa Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) WIBAWA Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Barat. Fenomena yang terjadi di KPRI WIBAWA yaitu terdapat beberapa anggota yang telat dalam pembayaran cicilan pembelian barang. Selain itu terdapat banyaknya jumlah anggota yang melakukan pinjaman sedangkan jumlah modal di koperasi tidak sesuai dengan jumlah pinjaman anggota dan juga adanya penurunan realisasi kredit pada tahun 2012-2013. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaksanaan simpan pinjam, untuk mengetahui masalah atau kendala yang terjadi dalam pelaksanaan simpan pinjam dan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian masalah atau kendala yang terjadi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan studi lapangan yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur Pelaksanaan Simpan Pinjam KPRI WIBAWA secara keseluruhan sudah termasuk kedalam kriteria yang baik karena telah sesuai dengan teori dan UU yang berlaku tentang perkoperasian. Terdapat beberapa anggota yang telat dalam pembayaran cicilan pembelian barang, banyaknya jumlah anggota yang melakukan pinjaman sedangkan jumlah modal di koperasi tidak sesuai dengan jumlah pinjaman anggota dan juga adanya penurunan realisasi kredit pada tahun 2012-2013 juga sudah sesuai dengan teori namun ada perbedaan dalam penyelesain masalah antara perusahaan dengan teori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prosedur Simpan Pinjam
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28840

Actions (login required)

View Item View Item