Kajian Visual Terhadap Iklan TVC Lux Indo di Tahun 2012

Sofiyawati, Nina (2014) Kajian Visual Terhadap Iklan TVC Lux Indo di Tahun 2012.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk media promosi dan komunikasi dalam memasarkan suatu produk secara luas. Suatu produk yang sudah terkenal pun tetap harus mempromosikan produknya agar masyarakat terus menjadikan produk tersebut sebagai salah satu pilihannya dalam keputusan pembelian suatu produk. Salah satu contohnya produk Lux yang terus melakukan promosi iklannya. Iklan TVC Lux selalu diidentikkan dengan visualisasi seorang selebritis (model/bintang iklan) wanita cantik, muda, anggun, berkelas, dan mempesona. Elemen visual yang ditampilkan dalam iklan TVC Lux selalu berhasil memberi kesan mewah (luxurious), begitupun dengan iklan TVC Lux Indo di tahun 2012. Penelitian terhadap iklan TVC Lux Indo di tahun 2012 ini bertujuan untuk mengetahui pengkajian visual serta pemaknaan tanda melalui analisis unsur visual dan tanda (semiotika) semantik pada ketiga iklan TVC Lux Indo tersebut yang terdiri dari iklan TVC Lux Magical Spell, iklan TVC Lux Soft Touch, dan iklan TVC Lux White Glamour. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peranan penting selebritis endorser produk Lux dalam menyampaikan pesan penjualannya. Semiotika yang digunakan dalam membedah iklan tersebut yakni menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce, dimana semiotika tersebut terdiri dari ikon, indeks, dan simbol. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, dengan tujuan yakni memberi penjelasan secara rinci dan lengkap mengenai topik penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: iklan TVC Lux, visualisasi wanita, selebritis endorser, semiotika
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28858

Actions (login required)

View Item View Item