Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas (ROA) terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Minyak Kelapa Sawit (CPO) yang terdaftar di BEI

Hardi Komaludin, Juli (2014) Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas (ROA) terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Minyak Kelapa Sawit (CPO) yang terdaftar di BEI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena yang terjadi pada keempat perusahaan kelapa sawit menunjukan bahwa rata-rata struktur aktiva, profitabilitas dan struktur modal mengalami kenaikan dan penurunan pada setiap tahunnya. Peningkatan struktur modal ini di karenakan adanya penyusutan nilai aktiva tetap yang tidak disertai dengan pembelian kembali, untuk menggantikan aktiva tersebut yang menyebabkan menurunnya struktur aktiva perusahaan sehingga perusahaan memerlukan tambahan sumberdana eksternal, yaitu hutang untuk operasional. Tujuan penelitian ini yaitu unyuk mengetahui struktur aktiva dan profitabilitas (Roa) terhadap struktur modal.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif (kualitatif) dengan menggunakan analisis perkembangan dan metode penelitian verifikatif (kuantitatif) dengan menggunakan analisis uji statistik yaitu regresi linear berganda, korelasi pearson, uji determinasi dan pengujian hipotesis. Hubungan Struktur aktiva dengan Struktur modal adalah kuat dan searah. Hubungan Profitabilitas (ROA) dengan Struktur modal adalah sedang dan searah. Sedangkan untuk pengaruh Struktur aktiva dan Profitabilitas (ROA) memberikan pengaruh sebesar 25,0% terhadap struktur modal. Sedangkan sisanya sebesar 75,0% struktur modal dapat diterangkan oleh variabel lainnya. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa Struktur Modal pada Perusahaan minyak Kelapa Sawit (CPO) yang terdaftar di BEI sebagian besar dipengaruhi oleh Struktur aktiva dan Profitabilitas (ROA) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Struktur aktiva, Profitabilitas (ROA) dan Struktur modal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28882

Actions (login required)

View Item View Item