Pengaruh Leverage Keuangan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012

Susianti, Witri (2014) Pengaruh Leverage Keuangan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Leverage keuangan merupakan cara aktiva-aktiva perusahaan dibelanjai/dibiayai. Hal ini seluruhnya merupakan bagian kanan neraca, sedangkan struktu modal merupakan pembiayaan permanen perusahaan, yang terutama berupa hutang jangka panjang, saham preferen/prioritas dan modal dalam suatu perusahaan adalah hanya sebagian dari struktur keuangannya. Struktur modal merupakan kombinasi hutang dan ekuitas dalam struktur keuangan jangka panjang perusahaan. Optimalisasi nilai perusahaan yang merupakan tujuan perusahaan dapat dicapai melalui fungsi manajemen keuangan, dimana satu keputusan keuangan yang diambil akan mempengaruhi keputusan keuangan lainnya dan berdampak pada nilai perusahaan. Fenomena yang terjadi pada perusahaan makanan dan minuman dalam waktu beberapa tahun nilai perusahaan menurun padahal tingkat leverage dan stuktu modal meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage keuangan dengan indikator degree of financial leverage dan struktur modal dengan indikator debt to equity ratio terhadap nilai perusahaan dengan indikator price book value. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (cross section) dan 5 tahun terakhir data laporan keuangan (time series) jadi jumlah data dalam penelitian ini sebanyak 30 data (pool data) dan metode analisis data digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dengan uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial leverage keuangan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan struktur modal juga memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laverage Keuangan, struktur modal dan Nilai perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28890

Actions (login required)

View Item View Item