Pengaruh Pengembalian Asset dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham (Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007-2012)

Selvina, Visi (2014) Pengaruh Pengembalian Asset dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham (Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007-2012).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pasar modal adalah salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dananya. Harga saham di bursa efek akan ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Fenomena yang terjadi di perusahaan manufaktur makanan dan minuman sangat berfluktuasi. Pengembalian asset yang meningkat akan menyebabkan harga saham yang meningkat. Tetapi ada beberapa perusahaan nilai persentase ROA meningkat harga saham mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dengan menggunakan indikator pengembalian asset (ROA) dan struktur modal dengan menggunakan indicator debt to equity ratio melalui indikator harga saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 Perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) (data cross section) dan 6 tahun terakhir data laporan keuangan (time series) jadi jumlah dalam penelitian ini sebanyak 30 data (pool data) dan Alat analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, analisis korelasi,koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji-f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang paling dominan terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah struktur modal (DER) dengan kontribusi 0,83%. Sedangkan secara bersama-sama (simultan), pengembalian aset dan struktur modal mempunyai pengaruh terhadap harga saham sebesar 0,827% dan sisanya 98,60% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembalian Aset (ROA), Struktur Modal (DER), Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28892

Actions (login required)

View Item View Item