Aplikasi multimedia cara penangulangan bencana untuk anak-anak (Studi Kasus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat)

Adhitya, Mochamad (2015) Aplikasi multimedia cara penangulangan bencana untuk anak-anak (Studi Kasus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Letak geografis Indonesia yang berada di antara pertemuan tiga lempeng tektonik dan memiliki iklim tropis menyebabkan Indonesia sebagai negara yang rawan akan bencana. Bencana yang terjadi di Indonesia seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan kebakaran sering kali memakan korban yang cukup banyak. Mensosialisasikan cara penanggulangan bencana terutama anak-anak merupakan salah satu kegiatan rutin dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat akan tetapi dan menarik dalam melakukan melakukan kegiatan sosialisasi cara penanggulanagn kegiatan sosialisasi tersebut hanya dilakukan dalam setahun dua kali dan masih menggunakan cara yang konvensional. Memberikan cara yang lebih interaktif bencana pada anak-anak dapat menjadi sebuah solusi untuk dapat menggantikan cara konvensional yang telah dilakukan. Aplikasi Multimedia Cara Penanggulangan Bencana Untuk Anak-anak merupakan aplikasi yang dibangun menggunakan metode pembangunan aplikasi multimedia menurut Luther-Sutopo dan juga dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif yang didalamnya terdapat CAI (Computer Assisted Instruction), yang bertujuan dan berguna untuk melakukan kegiatan sosialisasi dengan cara yang lebih efektif dan dapat menambah wawasan pengguna tentang cara menanggulangi bencana bagi anak-anak. Terdapat 4 jenis bencana yang dibahas dalam aplikasi ini yang masing masing terdiri dari 4 materi, evaluasi berupa tes pengetahuan tentunya sesuai materi yang disampaikan menggunakan aplikasi, serta adanya simulasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan blackbox, serta kuisioner. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun telah menjadi suatu media sosialiasi yang cukup interaktif, ketersediaan media untuk sosialisasi bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat telah terpenuhi dan aplikasi yang dibangun juga dapat menambah wawasan para pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, CAI, Cara Penanggulangan Bencana, Multimedia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28923

Actions (login required)

View Item View Item