Pengaruh Penerapan E-Spt dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karees Bandung)

Gustiyani, Ayu (2014) Pengaruh Penerapan E-Spt dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karees Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

e-SPT merupakan aplikasi (software) yang dibuat DJP untuk digunakan oleh wajib pajak untuk kemudahan dalam penyampaian SPT. e-SPT dimaksudkan agar semua proses kerja dan pelayanan perpajakan berjalan dengan baik, lancar, akurat serta mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya sehingga kepatuhan wajib pajak meningkat. Faktor pengetahuan jelas sangat penting dalam membantu wajib pajak melaksanakan kewajibannya khususnya pengetahuan tentang perpajakan, pengetahuan perpajakan yang dimiliki wajib pajak diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan e-SPT terhadap kepatuhan wajib pajak dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees. Melalui metode probabilitas sampling,dengan populasi sekitar 107.562 Wajib Pajak Orang Pribadi, di tentukan 100 responden sebagai sampel guna memperoleh data primer dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan e-SPT berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-SPT, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28924

Actions (login required)

View Item View Item