Pembangunan sistem informasi pengendalian dan pendistribusian kebutuhan obat pada wilayah UPTD pelayanan kesehatan Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung dengan menggunakan metode moving average

Ramdhany, Rully (2015) Pembangunan sistem informasi pengendalian dan pendistribusian kebutuhan obat pada wilayah UPTD pelayanan kesehatan Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung dengan menggunakan metode moving average.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelayanan Kesehatan Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung merupakan salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab menyelenggarakan upaya pembangunan kesehatan di wilayah. Dalam proses penggunaan kebutuhan obat terkadang terjadi kekurangan dan kelebihan persediaan kebutuhan obat dipuskesmas yang ada diwilayah UPTD Arjasari. Persediaan obat di UPTD Arjasari Kabupaten Bandung dengan permintaan obat dari puskesmas dan poskesdes tidak seimbang, seperti jumlah permintaan obat yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah persediaan obat yang ada, sehingga permintaan obat tidak terpenuhi dengan baik sesuai dengan permintaan dari puskesmas atau poskesdes dan jika persediaan tidak mencukupi dapat mengakibatkan kekurangan stok obat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem pengendalian dan pendistribusian kebutuhan obat untuk membantu menentukan jumlah kebutuhan persediaan stok kebutuhan obat yang harus disediakan pada periode mendatang. Sehingga diharapkan dapat mengurangi terjadinya kelebihan atau kekurangan stok obat. Peramalan kebutuhan barang dapat dilakukan dengan cara meramalkan jumlah pemakaian untuk periode berikutnya dengan menggunakan histori pemakaian obat sebelumnya. Data yang digunakan analisis peramalan adalah data histori terlihat adalah pola data trend, maka metode peramalan yang digunakan adalah metode Moving Average atau lebih spesifiknya yaitu Single Moving Average. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis perangkat lunak dengan metode aliran data terstruktur. Berdasarkan hasil pengujian dapat diperoleh kesimpulan kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat mempermudah UPTD Arjasari dalam menentukan jumlah persediaan stok kebutuhan obat yang harus disediakan pada periode satu bulan kedepan, sehingga diharapkan dapat mengurangi terjadinya kelebihan atau kekurangan stok obat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengendalian, Pendistribusian, Moving Average, Single Moving Average
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28929

Actions (login required)

View Item View Item