Pengaruh Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak dan Penerapan E-Spt Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya Bandung)

Indrayanto, Danang (2014) Pengaruh Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak dan Penerapan E-Spt Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kepatuhan Wajib Pajak adalah masalah penting diseluruh dunia, baik di negara maju maupun di negara berkembang. Karena jika Wajib Pajak tidak patuh pada akhirnya tindakan tersebut akan menyebabkan penerimaan pajak negara akan berkurang, dimana kasus tersebut bisa disebabkan oleh Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak yang tidak berjalan dengan baik dan penerapan program aplikasi e-SPT yang kurang dipahami wajib pajak. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Dengan Populasi 67 petugas pajak, dengan jumlah sampel sebanyak 57 petugas pajak, dengan pengambilan sampel menggunakan sampling purposive, dimana penentuan sample dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan arah positif, yang artinya semakin tinggi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak maka kepatuhan wajib pajak menjadi baik. Sama halnya untuk penerapan e-SPT berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan arah positif, yang artinya semakin tinggi penerapan e-SPT maka kepatuhan wajib pajak menjadi baik. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak dan penerapan e-SPT memberikan distribusi terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 51,8.%, sedangkan sisanya sebesar 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas pelayanan dan sosialisasi peraturan perpajakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak, Penerapan e-SPT, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item View Item