Strategi Komunikasi Community Development PT Tik Jalur Nugraha Ekakurir Melalui Sponsorship Pada Klub Bola Basket JNE Bandung Utama Dalam Meningkatkan Citra Perusahaannya

Fauzul Haq, Mochammad (2016) Strategi Komunikasi Community Development PT Tik Jalur Nugraha Ekakurir Melalui Sponsorship Pada Klub Bola Basket JNE Bandung Utama Dalam Meningkatkan Citra Perusahaannya.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Community Development PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir melalui sponsorship pada klub bola basket JNE Bandung Utama dalam meningkatkan citra perusahaannya. Dengan indikator strategi yang diteliti antara lain: sasaran khalayak kegiatan, pesan yang disampaikan, metode yang digunakan, media yang dipakai, serta evaluasi kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh community development PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Subjek penelitian adalah divisi community development PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan klub bola basket JNE Bandung Utama. Jumlah informan ada lima terdiri atas dua informan kunci penelitian yang merupakan pihak yang bertanggung jawab langsung atas kegiatan sponorship dan tiga informan pendukung yang merupakan pihak yang ikut terlibat dalam kegiatan sponsorship PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir pada JNE Bandung Utama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian bahwa Sasaran Khalayak dari kegiatan sponsorship divisi community development pada klub bola basket JNE Bandung Utama mempunyai sasaran khalayak sebanyak dua jenis yaitu konsumen potensial dan konsumen yang sudah ada. Pesan yang disampaikan terdiri dari dua jenis yaitu pesan verbal dan nonverbal yang muatannya berupa pesan informatif dan persuasif tentang JNE dan programnya rmelalui kegiatan sponsorship padaklub bola basket Bandung Utama. Metode yang digunakan adalah sponsorship yang tidak hanya menjadi alat marketing namun juga sebagai alat pencitraan bagi perusahaan dengan kegiatan-kegiatan sosialnya. Media yang digunakan dalam kegiatan sponsorship adalah media sosial yaitu facebook, twitter, youtube, dan instagramdan media konvensional yaitu koran dan radio. Evaluasi kegiatan terdiri atas dua jenis yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil yang dilakukan oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir bersama dengan manajemen klub bola basket JNE Bandung Utama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi KomunikasiCommunity Development PT Tiki Jalur Nugraha Ekakuri melalui Sponsorship pada Klub Bola Basket JNE Bandung Utama adalah kegiatan yang sudah tepat, namun untuk peningkatan citra belum tercapai. Tentu dengan evaluasi dan beberapa pembenahan tujuan divisi community development PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir untuk meningkatkan citra perusahaannya bukan tidak mungkin akan tercapai cepat atau lambat. Saran dari penelitian ini adalah pihak community development PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir harus mencari media lain selain media sosial dan media konvensional. Memanfaatkan forum-forum jual beli di internet bisa membantu kegiatan sponsorship JNE pada klub bola basket Bandung Utama lebih berkembang baik dari segi marketing maupun sosial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, sponsorship, Citra, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, JNE Bandung Utama
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item