Implementasi algoritma fuzzy logic untuk menentukan tata letak furniture pada simulasi denah ruangan

Haryanto, (2015) Implementasi algoritma fuzzy logic untuk menentukan tata letak furniture pada simulasi denah ruangan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perancangan pada sebuah ruangan sangatlah penting. Merancang tata letak ruangan mempunyai tujuan menciptakan suasana ruangan agar menjadi lebih baik untuk beraktivitas di dalamnya sehingga dapat mempengaruhi psikis penghuni menjadi lebih baik saat berada di ruangan [1]. Maka dari itu, akan lebih baik jika perancangan ruangan dilakukan oleh sendiri dengan keinginan dan kesesuaian. Melalui aplikasi simulasi tersebut secara umum manfaat yang didapat adalah proses merancang tata letak furniture pada sebuah ruangan menjadi lebih mudah, lebih singkat, lebih praktis. Algoritma fuzzy logic adalah algoritma yang mengandung unsur ketidakpastian, tidak seperti logika biasa yaitu logika tegas, kita hanya mengenal dua nilai, salah atau benar, atau 0 atau 1. Apabila pada algoritma fuzzy logic mengenal nilai antara benar dan salah. Kebenaran dalam fuzzy logic dapat dinyatakan dalam derajat kebenaran yang nialinya antara 0 sampai 1 [2] . Melalui aplikasi simulasi tersebut secara umum manfaat yang didapat adalah memberikan rekomendasi tata letak furniture, dan untuk mengetahui performansi algoritma yang dipakai. Untuk menyelesaikan solusi merancang tata letak furniture ini menggunakan algoritma fuzzy logic, pada aplikasi ini algoritma fuzzy logic digunakan untuk menentukan letak furniture. Berdasarkan pengujian simulasi yang telah dilakukan dengan menguji struktur rule �� rule dari algoritma fuzzy logic berupa IF A AND B AND C THEN Z terhadap hasil rekomendasi yang diberikan bahwa hasilnya tidak semua rekomendasi sesuai dan tidak tepat pada posisi yang telah ditentukan, dengan keberhasilan pengujian dengan ketepatan output 55,053%, tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: furniture, ruangan, algoritma, fuzzy logic, rekomendasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item View Item