Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi (Survey Pada Karyawan PT. Trisapta Eka Maju di Seluruh Indonesia)

Fani Efendi, Mirna (2014) Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi (Survey Pada Karyawan PT. Trisapta Eka Maju di Seluruh Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Manusia merupakan mahluk sosial yang mempunyai kemampuan untuk memiliki empati kepada orang lain dan lingkungannya serta menyelaraskan nilai-nilai yang dianutnya untuk menjaga dan meningkatkan interaksi sosial yang lebih baik. Untuk itu, organisasi menginginkan dan membutuhkan karyawan yang bersedia dengan sukarela melakukan tugas atau pekerjaan di luar tanggung jawab atau kewajibannya demi kemajuan atau keuntunga norganisasinya yang lebih dikenal dengan istilah Organizational Citizenship Behavior (OCB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di PT. Trisapta Eka Maju, pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) serta besarnya pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini berjumlah 72 dengan menggunakan metode one stage cluster sampling. Metode analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan spss 20.0 for windows. Hasil analisis menyimpulkan bahwa Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) di PT. Trisapta Eka Maju cukup tinggi; Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB); Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB); Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi secaraber sama-sama berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan tingkat pengaruh cukup tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28971

Actions (login required)

View Item View Item