Pengaruh Likuiditas dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013

Nurmansyah, Ridwan (2014) Pengaruh Likuiditas dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Investasi merupakan kegiatan menunda konsumsi untuk mendapatkan nilai yang lebih besar di masa yang akan datang. Jenis investasi yang banyak dilakukan di hampir seluruh negara di dunia ini adalah investasi di pasar modal. Keterkaitan investor sangat mendorong perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan dengan mengacu kepada Likuiditas, Tingkat Suku Bunga SBI dan Harga Saham. Penurunan daya beli negara-negara industri dunia seperti Amerika dan Eropa serta fluktuasi harga komoditi-komoditi energi dan logam, memberikan dampak negatif terhadap perusahaan-perusahaan khususnya pada sektor pertambangan yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Tingkat Suku Bunga terhadap Harga Saham pada perusahaan sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di BEI periode 2009-2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 12 perusahaan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan pooled data sebanyak 60 data. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi dan pengujian hipotesis (uji t) dengan bantuan penggunaan SPSS 16.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham sebesar 9,3%. Hal ini berarti bahwa perusahaan harus tetap menjaga Likuiditasnya sehingga semakin banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan yang berdampak terhadap kenaikan Harga Saham. Sedangkan Tingkat Suku Bunga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Harga Saham sebesar 0,3%, artinya dimana Tingkat Suku Bunga tinggi maka Harga Saham perusahaan akan menurun karena investor beralih ke pasar keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Tingkat Suku Bunga dan Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28975

Actions (login required)

View Item View Item